Membasmi Kesombongan Demi Masa Depan yang Cerah

Sering kali kesombongan membuat kita merasa diri kitalah yang terbaik, lebih baik daripada semua orang. Sesama pun dirasa lebih rendah dibandingkan diri ini. Kesombongan dapat berpengaruh buruk bagi masa depan. Salah paham, pertengkaran, ketidakpedulian, dan masih banyak lagi dampak negatif yang dihasilkan oleh kesombongan.

Bagaimana cara membasmi kesombongan demi masa depan yang cerah?
1.Ingat bahwa kita hanya pengelola
Tuhan adalah pemilik dari alam semesta ini termasuk semua yang ada di dalamnya. Ingat bahwa kita hanya pengelola. Tuhan Sang Pencipta yang berhak atas segalanya, bukan kita. Suatu saat nanti, Tuhan akan meminta pertanggungjawaban kita terhadap segala hal yang telah dipercayakan oleh-Nya kepada kita, baik itu harta benda, talenta, dan semua aspek hidup. Jadilah pengelola yang baik, jujur, dan bertanggung jawab.
2.Tak perlu membanding-bandingkan diri dengan orang lain
Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekuatan masing-masing. Ada orang yang lulus kuliah tepat waktu. Namun, ada pula yang tidak tepat waktu. Seorang ahli matematika bersuara parau, seorang ahli menyanyi tak pandai berhitung. Tak perlu membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Tak ada yang patut dipersalahkan atau direndahkan hanya karena satu dan lain hal. Setiap orang memiliki jalan hidup yang berbeda. Berjalanlah dalam jalanmu sendiri, tak perlu membanding-bandingkan dengan jalan orang lain. Yang terpenting, jadilah manusia yang bermanfaat bagi Tuhan dan terang bagi sesama.
3.Sadari kita mampu hanya karena anugerah Tuhan
Saat menang dalam suatu pertandingan, kita sering menyombongkan diri dan melupakan Tuhan. Sadarilah jika kita mampu, itu semua hanya karena anugerah Tuhan, bukan karena kekuatan kita sendiri. Mencuri kemuliaan Tuhan dan meninggikan diri sendiri merupakan dosa. Puji-pujian seharusnya ditujukan kepada Sang Khalik.
4.Tuhan menciptakan semua orang baik
Sesungguhnya semua orang memiliki derajat yang sama di mata Tuhan, hanya peran saja yang berbeda. Kaya atau miskin, tinggi atau pendek, gemuk atau kurus, wanita atau pria… Tuhan menciptakan semua orang itu baik dan berharga di mata-Nya. Apabila kita meremehkan sesama berarti kita tidak menghargai ciptaan Tuhan.

Membasmi kesombongan sangatlah penting demi masa depan yang cerah. Maukah kita belajar rendah hati?

#30DWC #30DWCJilid12 #day25


Komentar