Mengembalikan Daya Juang Agar Tak Mudah Putus Asa


Kehilangan daya juang? Terkadang kamu merasa lelah, letih, lesu, dan berbeban berat? Bingung bagaimana cara mengembalikan daya juang agar tak mudah putus asa?

Menghilangnya daya juang dapat disebabkan karena terlalu sibuk berkecimpung dalam berbagai aktivitas. Tahukah kamu daya juang sangat diperlukan agar kita menjadi orang yang pantang menyerah? Berikut cara mengembalikan daya juang agar tak mudah putus asa:
1.Memohon pertolongan Tuhan
Dalam hidup ini, manusia sangat membutuhkan pertolongan Tuhan. Mintalah pertolongan Tuhan dan daya juang dalam doa-doa yang kita panjatkan. Tuhan mendengarkan doa umat-Nya. Hanya Tuhan sumber kekuatan dan perlindungan kita. Jangan terlalu berharap kepada sesama. Namun, berharaplah dan bergantung penuh hanya kepada Sang Pencipta.

2.Temukan panggilan hidup
Keraguan membuat manusia tak memiliki sasaran dan berjalan seenaknya sendiri tanpa arah yang jelas. Ketika kita telah menemukan panggilan hidup, daya juang kita untuk meraih panggilan itu akan muncul.

3.Baca buku-buku rohani dan motivasi
Membaca buku-buku rohani dan motivasi dapat mengembalikan daya juang yang menghilang dari hidup kita. Kata-kata di dalamnya akan mengingatkan kita akan pentingnya daya juang.

4.Menyemangati diri sendiri dan orang lain
Pada waktu daya juang kita memudar, kita dapat menyemangati diri sendiri dan orang lain. Saya pernah menyemangati dan mendoakan teman saya yang putus asa, lalu saya bahagia melihatnya bersemangat lagi. Kemudian, daya juangnya menular pada saya sehingga saya tidak jadi menyerah. Saya malah lebih berusaha lagi setelah kejadian itu.

5.Mengevaluasi diri
Kita perlu membuat evaluasi diri apakah kita terlalu sibuk dengan berbagai aktivitas sehingga lelah. Buat daftar prioritas utama. Jika memang ada hal-hal yang tak masuk dalam prioritas utama kita, sebaiknya kita mengurangi aktivitas itu agar dapat hidup seimbang.

Jadi, mengembalikan daya juang agar tak mudah putus asa itu tak sulit kan? Semoga tips-tips ini bermanfaat ya.

#30DWC #30DWCJilid12 #day24

Komentar