Menikmati Wisata Hemat, Namun Tetap Berkualitas


Liburan merupakan hari yang sering dinantikan. Ya, tanggal merah membuat mata kita berbinar-binar melihatnya. Membayangkan berwisata saja sudah menggembirakan. Sering kali kita berpikir bahwa berwisata saat liburan itu identik dengan menghabiskan banyak uang. Akibatnya, kita jadi enggan berwisata.

Bagaimana cara menikmati wisata hemat, namun tetap berkualitas?
1.Berwisata rohani
Berwisata tak selalu bersenang-senang. Terkadang kita memerlukan waktu untuk diam dan tenang serta mengintrospeksi diri. Kita membutuhkan waktu khusus untuk berbicara dengan Tuhan dari hati ke hati sembari mengevaluasi hidup kita selama ini. Wisata rohani juga dapat digunakan untuk membuat perencanaan hidup dan mendoakan permasalahan yang sedang kita hadapi. Tak perlu jauh-jauh. Carilah tempat yang tenang dan tak dikunjungi banyak orang. Namun, bisa juga mendatangi tempat ziarah rohani yang sudah terkenal. Melalui wisata rohani, kita akan semakin mengasihi Sang Pencipta.

2.Berwisata sejarah
Sejarah tak boleh dilupakan. Bangsa yang baik akan mengenang sejarah. Wisata sejarah mengingatkan kita akan pengorbanan para pahlawan demi kemerdekaan bangsa Indonesia, aneka budaya dan seni dari berbagai pelosok nusantara, serta mengamati keunikan benda-benda peninggalan sejarah. Kita dapat mengunjungi museum, perpustakaan, dan monumen. Melalui wisata sejarah, kita akan semakin mencintai Indonesia.

3.Berwisata alam
Alam raya begitu mengagumkan. Gunung, pantai, lembah, danau, jurang, hutan, dan berbagai objek wisata alam sangat memukau. Menikmati wisata alam membuat kita kembali menghirup udara sejuk dan menyegarkan mata kita. Tak perlu pergi ke luar pulau. Kita dapat menikmati alam sekitar kita dengan merogoh sedikit kocek kita. Melalui wisata alam, kita akan semakin melestarikan lingkungan.

4.Berwisata kuliner
Makanan dan jajanan pasar di Indonesia beraneka ragam bentuk dan rasanya. Mencicipi kuliner daerah-daerah lain itu mengasyikkan. Lokasinya di bazar makanan atau pusat perbelanjaan yang menyuguhkan makanan-makanan khas dari berbagai daerah. Melalui wisata kuliner, kita akan memahami perbedaan dan ciri khas cita rasa nusantara.

Menikmati wisata hemat yang tetap berkualitas itu tidak sulit bukan? Mari kita mencobanya.

#30DWC #30DWCJilid12 #day 27


Komentar