Perjalanan dalam Kereta Api

Aku memiliki seorang teman. Dia memiliki hobi naik kereta api. Setiap Jumat malam sepulang dari kantor, temanku ini bergegas dan berlarian ke stasiun untuk mengejar kereta api menuju ke kota lain. Dia menjelajahi berbagai kota dan mengambil foto-foto cantik di sana. Mulai dari Bandung, Purwakarta, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, dan berbagai kota lainnya. Melihat foto-foto pemandangan alam nan indah membuatku terpesona. Terkadang aku merasa iri dengannya. Menurutku, rasanya kok sepertinya asyik sekali setiap malam minggu bergantian mengunjungi berbagai kota, baik kota yang jauh maupun yang dekat. Sungguh petualang sejati!

Temanku ini sering menceritakan kisahnya bersama kereta api dengan berbagai tujuan yang berbeda-beda tiap minggunya. Rupanya benar dugaanku selama ini. Dia memang hobi naik kereta. Aku sempat menanyakan kepadanya tentang akomodasi di kota-kota itu. Di setiap kota yang ia kunjungi, ia memiliki teman sehingga ia bisa menghemat biaya penginapan. Ya, temanku menumpang di rumah teman-temannya yang juga mengantarkannya ke beberapa objek wisata. Temanku sengaja menyisihkan uangnya untuk memesan kereta api ekonomi pulang-pergi. Minggu malam dia naik kereta api dan sesampainya di Jakarta pada hari Senin, ia langsung kembali bekerja. Benar-benar orang yang tak kenal lelah.

Hari ini aku memulai perjalanan pertama tahun 2018 dalam kereta api menuju ke Solo. Aku sering naik KRL, tetapi untuk kereta jarak jauh memang aku tak terlalu sering menaikinya. Pasalnya, setiap kali aku mudik, aku merasa perjalanan dalam kereta api itu begitu panjang dan lama. Lama sekali hingga 10 jam antara Jakarta dan Solo. Aku jarang tidur dalam kereta. Kok bisa ya temanku punya hobi naik kereta yang sejujurnya menyita begitu banyak waktu? Aku juga heran. Namun, aku mau belajar produktif dan menikmati perjalanan dalam kereta api ini. Tidak hanya tidur saja seperti kebanyakan penumpang. Aku menulis, berdoa, mengetik, dan membaca. Ya, aku berkarya di dalam kereta api. Aku juga ingin menyisihkan uang untuk mengunjungi kota-kota lain. Namun, tidak setiap minggu, mungkin empat bulan sekali.

#30DWC, #30DWCJilid12, #Day8


Komentar